Matematika Islam

27 Jun

Bismillahirrahmaanirrohiim…

Do you know!… About this sentence above?……

Ya, anda benar! Dan tentu kita semua (muslim) sudah tahu.

Namun apakah anda tahu keajaiban kalimat itu ya saya yakin diantara anda sudah ada yang tahu, dan tentunya juga ada yang belum tahu.

Sekarang kita mulai belajar menelusuri keajaiban kata itu. Pertama coba kita hitung jumlah huruf hija’iyah yang menyusun kalimat itu. Ya anda benar! Jumlahnya ada 19 huruf.

Yup sekarang kita tinggalkan dulu masalah itu karena inti pembicaraan kita belum mulai (he…tenang bukane mempermainkan tapi…biar penasaran). Yup! Saya akan buat perumpamaan. Misal di Indonesia ini ada uang koin dengan nilai mata uangnya Rp 19,- dan saya punya banyak sekali uang koin itu. Lalu saya masukkan koin itu ke sebuah kamar gelap. Kemudian saya menyuruh seorang anak kecil mengambilnya dengan tangan 1 genggam, dengan mangkuk, dengan bak, dengan piring. Apa yang terjadi? Tentunya dengan sedikit berfikir ala matematika kita dapat menyimpukan bahwa jumlah uang di masing-masing pengamilan adalah :

Yang 1 genggam         : n × Rp 19,-

Yang 1 mangkuk         : m × Rp 19,-

Yang 1 bak                  : k × Rp 19,-

Yang 1 piring              : p × Rp 19,-

Hal itu pasti terjadi karena tiap koin harganya Rp 19,-

(He…bingung dengan itu semua yap! Kalo bingung kita tinggalin aja)

Sekarang kita tengok sebentar tentang “Alquran” kitab yang biasanya kita hanya lafalkan tanpa tau sedikit pun artinya, terbukti juga dengan sedikit sekali rumah teman-teman yang saya kunjungi yang punya kitab Alquran sekaligus terjemahannya. Tapi kalau anda saya yakin rajin sekali membacanya.

Kalau kita lihat surat ke-9 pada Alquran (tepatnya surat At Taubah) disitu tidak dibuka dengan bacaan basmalah. Tetapi anehnya pada surat ke-27 (An Naml) muncul 2 basmalah tepatnya muncul pada permulaan dan ayat ke 30. Lalu jika amati

9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27

Berpindah 19

Ada 19 bilangan. (kira-kira kebetulan nggak ya?)

Kalo masih gak tau bingung jawab gimana nich tak kasih tau…

  1. Do you know…!!! Dalam Alquran jumlah surat yang ayatnya tidak lebih dari 10 ayat ada 19.
  2. Do you know…!!! Huruf qof pada surat ke-50 (surat qof) sebanyak 3×19.
  3. Do you know…!!! Jumlah basmalah pada Alquran ada 6 × 19.
  4. Do you know…!!! Jumlah surat Alquran 6 × 19.
  5. Do you know…!!! Huruf shod pada tiga surat yang dibuka shod sebanyak 8 × 19.
  6. Do you know…!!! ‘ain sin qof pada pada surat ke-42 ada 11 × 19.
  7. Do you know…!!! ya sin pada surat Ya Sin sebanyak 15 × 19 (hei yang biasanya yasinan… tau gak??!!! He…. yang pasti tau dong…)
  8. Do you know…!!! alif lam mim pada surat ke-29 sebanyak 30 × 19
  9. Do you know…!!! kha hha ya ‘ain shod pada surat ke-19 sebanyak 42 × 19

(Sebenere masih buanyak lagi Do you know…!!! dalam Alquran tapi….ya karena saya pemalas jadi tidak tahu. Nah sekarang saya berharap anda yang rajin gantian kasih tau saya…tak tunggu ya…) Eh kertasnya udah mefet…tp… ada kelanjutannya lo… coba u cari tau dech…

(Nah jumpa lg dengan kelanjutan ceritanya…)

Sekarang kita bahas “Allahu Akbar” iya-iya…yang tiap hari kita ucapkan 94 kali minimal. Iya bener dalam sholat….Eh…udah tau belum nich kalau kita ucapinnya 94 kali? Ya saya juga percaya anda sudah tau…

Langsung aja ya…coz saya sudah capek ngetik belum lagi harus belajar…kan mau UAN

Nich tak kasih tabelnya anda pikir n renungi sendiri maksudnya gmana kalo gak jelas bisa tanya saya.

Jumlah ucapan Allahu Akbar dalam sholat 5 waktu
No Nama Sholat Raka’at I Raka’at II Raka’at III Raka’at VI Jumlah
1 Shubuh 5 6 11
2 Zhuhur 5 6 5 6 22
3 Ashar 5 6 5 6 22
4 Maghrib 5 6 6 17
5 Isya 5 6 5 6 22
JUMLAH 94
Jumlah ucapan Allahu Akbar dalam sholat Tarawih-Witir dan 2 Sholat ‘Ied
No Nama Sholat Raka’at I Raka’at II Raka’at III Jumlah
1 Tarawih 1 5 6 11
2 Tarawih 2 5 6 11
3 Tarawih 3 5 6 11
4 Tarawih 4 5 6 11
5 Witir 3 rkt 5 5 6 16
Jumlah 60
Karena dalam bulan puasa rata-rata tarawih 29 hari maka 60 × 29 = 1740
6 Iedul Fitri 5 6 + (7+5) 23
7 Iedul Adha 5 6 + (7+5) 23
JUMLAH 46

Sekarang kita jumlahkan 1740 + 46 = 1786

Pertanyaannya ada apa dengan angka 1786?????

Yup anda memang seorang yang pinter… 1786 = 19 × 94

(Tapi ada sedikit masalah brow!!! Itu tarawihnya berarti Cuma 8 roka’at sementara di tempatku 20 roka’at, yang bener yang mana kalo 20 roka’at berarti angka-angka itu kacau dong???? Waduh sory brow kalau masalah yang kayak gitu2an ana kagak tau mending you tanya ahlinya aja key…Ohya ada lagi itu berarti witirnya langsung 3 roka’at gak ada Attahiyat awalnya dong? Tapi…yaitu ditempatku 2 roka’at dulu baru salam lalu sholat lagi 1 roka’at…gmana dong? Waduh kan udah tak kasih tahu kalo soal kayak begituan ana kagak tau…tanya ahlinya…)

Jumlah ucapan Allahu Akbar dalam sholat 7 waktu (sunnah rowatib)
No Nama Sholat Raka’at I Raka’at II Jumlah
1 Sebelum Shubuh 5 6 11
2 Sebelum Zhuhur 5 6 11
3 Sedudah Zhuhur 5 6 11
4 Sebelum Ashar 5 6 11
5 Sesudah Maghrib 5 6 11
6 Sebelum Isya’ 5 6 11
7 Sedudah Isya’ 5 6 11
JUMLAH 77

77 + 94 = 171 = 9 × 19

Nah kalau yang ini mungkin mengapa diharamkan shalat sunat setelah Ashar’, karena akan kacaukan bilangan ini. (Ups…masih ada satu lembar lagi…u cari gi…)

Oke saya kira sedikit info menarik seputar Alquran sudah selesai. Sekarang anda bisa mengerti ada apa dengan masalah koin tadi kan? Bahwa kebetulan seperti ini tidak mungkin dan pasti ada yang mengaturnya yaitu Allah SWT. Mudah-mudahan dengan ini kita bisa lebih rajin dalam beribadah, berdo’a, bertaqwa, menjalankan perintah-Nya, dan  Menjauhi Larangan-Nya Amiin…

Akhir kata dari redaksi mohon maaf apabila ada perkataan yang kurang berkenan di hati saudara, ya kritik dan saran serta informasi-informasi menarik lainnya kami tunggu. Wassalamualaikum Wr. Wb.

DAFTAR PUSTAKA

Basya, Fahmi. 2004. Matematika Islam Sebuah Pendekatan Untuk Yaqin. Jakarta : Republika.

Tohaputra ahmad. 1999. Alquran dan Terjemahnya. Semarang : CV. Asy Syifa’.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: