KEPADA PARA PEMUDA DAN SECARA KHUSUS KEPADA PARA MAHASISWA

30 Jun

Wahai pemuda!

Sesungguhnya, sebuah pemikiran itu akan berhasil di wujudkan mana kala kita punya keyakinan kuat, ikhlas dalam berjuang di jalannya, bersemangat dan siap untuk beramal dan berkorban dalam mewujudkannya. Semua sifat itu dimiliki oleh makhluk yang bernama pemuda, makanya sejak dulu the agent of change selalulah pemuda.

”sesunggunya mereka itu adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka dan Kami tambahkan kepada mereka petunjuk” (Al Kahfi : 13).

Maka dari itu tugas besar menantimu wahai pemuda. Kalian harus berpikir panjang, banyak beramal, bijak dalam menentukan sikap, maju untuk menjadi penyelamat, dan hendaklah kalian mampu menunaikan hak-hak umat ini dengan sempurna.

Dakwah Ikhwanul Muslimin, Dakwah Abad Empat Belas Hijriyah

Kewajiban kita sebagai akktifis Ikhwan adalah menyampaikan kepada manusia tentang batas-batas Islam ini secara jelas dan sempurna, tanpa ditambah dan dikurangi, dan tidak pula membuat rancu. Kedua mewujudkan semua hal itu dalam kehidupan nyata.

Oleh karenanya, yang pertama kali Allah serukan kepada kalian adalah hendaklah kalian yakin akan eksistensi kalian, mengetahui posisi kalian, dan percaya bahwa kalian adalah para pewaris kekuasaan dunia, meski musuh-musuh kalian menghendaki agar kalian tetap terhina karena sesungguhnya kesudahan baik adalah bagi orang-orang yang bertaqwa.

Maka dari itu perbaruilah iman karena kekuatan pertama adalah iman, buah dari iman adalah kesatuan, dan konsekuensi logis dari kesatuan adalah kemenangan yang gemilang.

Sesungguhnya manhaj Ikhwanul Muslimin itu telah jelas tahapan dan langkah-langkahnya:

  1. Adanya muslim dalam pola pikir dan aqidahnya, dalam moral dan perasaan, serta dalam perilakunya. Ini merupakan satu upaya pembentukan individ mukmin dalam dakwah kami
  2. Terbangunnya rumah tangga yang Islami dalam pola pikir dan aqidahnya, dalam moralitas dan perasaannya serta dalam amal dan perilakunya.
  3. Bangsa yang muslim. Dakwah ini harus sampai di setiap pelosok, suara kami bisa didengarkan disetiap tempat. Untuk itu setiap sarana dan potensi tidak akan kami sia-siakan.
  4. Mendirikan pemerintahan Islam yang mampu membimbing manusia kepada hidayah Islam sebagaimana pemerintahan yang terdahulu (para sahabat, Abu Bakar dan Umar).
  5. Setelah itu, kami menginginkan agar setiap jengkal dari negeri-negeri kami yang muslim bergabung bersama kami. Ialah negeri yang dahulu dijajah dan diporak-porandakan oleh sistem politik barat.
  6. Panji-panji Islam kembali berkibar memnuhi jagad raya. Dahulu setiap wilayah dibawah Islam selalu dinaungi kesejahteraan sehingga kesejahteraan itu harus di kembalikan.
  7. Setelah itu, dengan berkibarnya panji Islam tadi kami bermaksud mendeklarasikan dakwah kami kepada seluruh alam, menyampaikannya kepada sekalian manusia, memenuhi seantero bumi dengan ajarannya , dan memaksa setiap penguasa yang diktator untuk tunduk dibawahnya. Sampai akhirnya tidak ada lagi fitnah dan agama ini semuanya milik Allah. Saat itulah kaum Muslimin bergembira atas pertolongan Allah.

Adalah kesalahan besar bagi mereka yang menduga bahwa Jamaah Ikhwanul Muslimin adalah jamaah Darwis, di mana para pengikutnya membatasi di dalam wilayah sempit dari pemahaman masalah ibadah. Seluruh konsentrasi gerak mereka adalah shalat, shoum, dzikir, dan tasbih.

Akan tetapi Islam adalah akidah dan ibadah, negara dan kewarganegaraan, akhlak dan materi, budaya dan undang-undang, serta toleransi dan kekuatan. Mereka meyakini Islam adalah sistem yang paripurna yang melingkupi seluruh aspek kehidupan, mengatur perkara dunia sebagaimana dia mengatur perkara akhirat. Islam adalah sistem operasional sekaligus spiritual.

Urgensi Keberadaan Kita

Secara umum dapat dikatakan bahwa kita berhadapan dengan gelombang materialisme, yang berupa kebangkitan sektor materi dan peradaban kelezatan serta syahwat, yang mana ia telah memerosotkan moral bangsa Islam, menjauhkan mereka dari kepemimpinan Nabi saw. Dan hidayah Qur’an, menghalangi dunia dari bimbingannya, menarik mundur peradabannya ke masa ratusan tahun silam sehingga kita terbelenggu di negeri sendiri dan membiarkan masyarakat bergulat dengan derita.

Melihat kondisi seprti itu kita tidak boleh tinggal diam, namun harus kita hadapi mereka ditempatnya dan siap bertempur di bumi mana ia bercokol, hingga dunia seluruhnya menyuarakan dakwah atas nama Nabi saw. Dan menanamkan keyakinan kepada semua bangsa terhadap nilai – nilai Islam.

Dalam tataran praktis kita ingin menegakkan Islam di negeri kita (Mesir):

  1. Menegakkan sistem perundangan dalam negeri, sebagai perwujudan firman Allah (Al Maidah : 49)
  2. Menegakkan sistem perundangan yang mengatur hubungan negara dengan berbagai bangsa di dunia, untuk mewujudkan firman ALLAH. (Al-Baqarah 143)
  3. Menegakkan hukum yang berpijak pada ayat Qur’an (An Nisa :65)
  4. Menegakkan sistem perundangan pertahanan dan keamanan serta militer, untuk merealisasikan anjuran sikap siaga menghadapi perintah yang tertuang dalam Qur’an (at Taubah : 41)
  5. Menegakkan sistem ekonomi yang mandiri utuk pengaturan kekayaan alam dan harta benda, baik bagi negara maupun pribadi warganya.(An Nisa : 5)
  6. Menegakkan sistem pendidikan dan pengajaran dalam rangka mengentas kebodohan (Al ‘Alaq : 1)
  7. Menegakkan undang-undang keluarga dan kerumahtanggaan untuk menciptakan suasana yang kondusif bagi pendidikan anak di rumah, baik putra maupun putri (At Tahrim :6)
  8. Menegakkan sistem perundangan yang mengatur perilaku individu untuk mewujudkan keberhasilan hidup yang dicita-citakan,(Asy-Syams)
  9. Menegakkan iklim positif secara umum untuk melindungi setiap pribadi masyarakat, baik pejabat maupun rakyat, dengan berpijak pada firmannya (Al Qashash: 77)

Dengan tegaknya itu semua kita merindukan terwujudnya

Pribadi muslim…

Rumah tangga muslim…

Masyarakat muslim…

Pemerintah muslim…

Risalah Pergerakan Ikhwanul Muslimin Jilid 1

2 Tanggapan to “KEPADA PARA PEMUDA DAN SECARA KHUSUS KEPADA PARA MAHASISWA”

  1. nurrahman18 30 Juni 2010 pada 5:06 PM #

    istiqomah

    • akhanggit 1 Juli 2010 pada 11:03 AM #

      syukron akh….dan salam kenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: