Kenapa Kita Perlu Menulis?

15 Jul

Assalamualaikum sobat, pagi ini adalah pagi yang cukup dingin di kota tempat aku tinggal, tidak tahu kenapa memang banyak yang mengatakan iklim saat ini tidak karuan benar adanya. Ya meski begitu mungkin karena kemarin kecapekan bekerja (bantu ortu) jadi tadi malam tetap tidur nyenyak, sampai lupa untuk membuat tulisan yang mau aku posting di blog ini. Karena tidak ada ide aku pun bingung mau menulis apa, tapi karena menulis sudah menjadi bagian dari hidupku akhirnya aku tetap mewajibkan diriku untuk menulis, dan ternyata ide ini malah muncul dengan sendirinya ketika aku memulai mengetik di lepi kecil aku yang mungil ini.

Ya, ide yang muncul adalah seperti judul di artikel ini. Selanjutnya kalau memakai bahasa yang agak formal jangan heran ya….

Menulis merupakan suatu kegiatan yang melibatkan lebih dari kompetensi dalam diri kita. Bagaimana tidak, untuk menulis sebuah buku, artikel, esay atau semacamnya membutuhkan beberapa kemampuan, ingat beberapa kemampuan, artinya lebih dari satu.

Kita membutuhkan kapasitas intelektual yang lebih jika mau menulis (kecuali kalau tulisan kamu tidak diperuntukkan untuk menambah kapasitas orang lain). Oleh karena itu seorang penulis dituntut untuk menambah kapasitas dirinya secara terus menerus.

Kita juga dituntut memiliki kecakapan dalam merangkai kata, karena menulis untuk dibaca orang lain dan setiap manusia menyukai unsur keindahan. Allah pun menyukai keindahan.

Hanya orang-orang yang memiliki pola pikir aktif, kreatif dan dinamislah yang sebenarnya mampu menaklukkan dunia ini, atau minimal tidak pernah tergilas oleh kejamnya dinamika hidup. Sedangkan menulis sebuah karya akan melatih diri kita untuk lebih aktif, kreatif dan dinamis.

Menulis juga melatih konsistensi dan kedisiplinan kita apalagi kalau kita sudah menjadi penulis tetap pada sebuah perusahaan majalah, surat kabar dan lainnya.

Kita juga dituntut untuk selalau bertanggung jawab terhadap apa yang kita tulis. Intinya melatih kita untuk tidak asal-asalan dan mencoba menjadi orang yang benar-benar profesional berkapasitas intelektual.

Tapi bagi penulis inti dari semua itu adalah bahwa kita akan menemukan sesuatu yang indah saat memberikan sesuatu hal yang bermanfaat bagi orang lain dan salah satu hal yang bermanfaat itu adalah berupa tulisan.

Menulislah untuk memberikan sesuatu yang bermanfaat, bukan untuk kepentingan yang lain, makan kamu akan mendapatkan suatu kebahagiaan yang belum pernah kamu rasakan.

“Kita mungkin bahagia ketika meneriam pemberian orang lain, mendapatkan sesuatu yang kita inginkan, tapi kamu akan melihat suatu kebahagiaan yang berbeda saat kamu membagikan kebahagiaan itu kepada orang lain”

Baca juga artikel lain terkait :

Pola Pikir Aktivis Membawa Kesuksesan

8 Cara Mendidik Anak Hidup Bersih

Pengujian Aktivitas Bakteri

Matematika Islam

3 Tanggapan to “Kenapa Kita Perlu Menulis?”

  1. Mbah Jiwo 24 Juli 2010 pada 4:30 PM #

    menulis adalah menjawab kegelisahan…

    • akhanggit 24 Juli 2010 pada 7:39 PM #

      Pak Suaidi ternyata ya….subhanallah…syukron masih ingat ana…

  2. hanisincerely 4 Februari 2012 pada 10:56 AM #

    karena menulis itu katarsis… melegakan jiwa:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: