Konsep Pendidikan

18 Okt

Berikut beberapa konsep pendidikan yang dirangkum dari buku yang berjudul “pengantar pendidikan”

“Education is the getting and giving of knowledge so as to pass on our culture from one generation on the next”.

“Pendidikan adalah kegiatan memperoleh dan menyampaikan pengetahun sehingga memungkinkan transmisi kebudayaan kita dari generasi-ke generasi”. Konsep pendidikan ini mengangkat derajat manusia sebagai makhluk budaya, yaitu makhluk yang diberkati kemampuan untuk mencapai nilai kebudayaan dan fungsi budaya dar pendidikan. Aspek-aspek yang berpengaruh dalam konsep pendidikan ini adalah agama, social, politik, ekonomi, seni budaya, dan ilmu pengetahuan. Aspek inilah yang mempengaruhi cara berpikir seseorang tentang pendidikan.

Rumusan pendidikan ini merupakan suatu konsep pendidikan yang lebih netral, baik dari pihak pendidik maupun anak didik. Pola pendidikan semacam ini dapat kita saksikan dari bagaimana seorang tukang batu mengajar atau melatih anak mereka menjadi tukang batu yang baik.

“Education is the process by which the individual is thought loyalty and conformity by which the human mind is disciplined and developed”.

“Pendidikan adalah proses dimana individu diajarkan bersifat setia dan taat dan pikiran manusia pun ditera dan dibina”. Berbeda dengan konsep pendidikan yang pertama, konsep pendidikan ini menekankan betapa pentingnya dan kluatnya peranan pendidikan dalam pembinaan manusia. Dengan kata lain, pendidikan diartikan sebagai prose pembinaan sikap mental dengan jalan melatih dan mengembangkannya ke nilai sikap yang diinginkan.

“Education is a process of growth in which the individual is helped to developed his power his talents, his abilities, and his interest”

“Pendidikan adalah suatu proses pertumbuhan dimana individu diberi pertolongan untuk mengembangkan kekuatan, bakat kemampuan dan minatnya. Rumusan pendidikan ini menjelaskan bahwa konsep hakikat pendidikan relative ditentukan konsep tentang sifat hakekat mausia yang terdiri atas empat aspek: Kekuatan, bakat, kemampuan dan minat kepentingannya.

“Education is that reconstruction and preorganization of experience which adds to the meaning of experiences and which increases ability to direct the course of sub equencent experience”

“Pendidikan adalah pembangunan kembali atau penyusunan kembali pengalaman, sehingga memperkaya arti perbendaharaan pengalaman yang dapat menigkatkan kemampuan dalam menentukan arah tujuan pengalaman selanjutnya”. Definisi pendidikan ini menentukan proses pendidikan adalah proses dari dalam diri pribadi manusia, yaitu suatu kemampuan untuk memugar dan meremajakan pengalaman sehingga memungkinkan individu secara kontinyu tumbuh berkembang.

“Educaton is the process by which a person is adjusted to those elements of his environtment which are concern in modern life so as to prepare his successful adult living”

“Pendidikan adalah proses dimana sesorang diberi kesempatan menyesuaikan diri terhadap aspek-aspek kehidupan lingkungan yang berkaitan dengan kehidupan modern untuk mempersiapkan agar berhasil dalam kehidupan orang dewasa”

Rumusan pendidikan di atas menetapkan, bahwa pendidikan adalah proses yang diawali dengan kegiatan mengantarkan seseorang mengadakan perubahan penyesuaian terhadap unsure-unsur lingkungan yang ada sangkut pautnya dengan kehidupan modern.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: