Multiple Intelligence

26 Nov

Salah satu unsur penting dalam kemajuan siswa adalah guru yang benar-benar peduli terhadap anak didiknya dan terampil menciptakan lingkungan yang nyaman sehingga anak didiknya senang belajar.

Salah satu hal yang terpenting bagi seorang guru ketika melaksanakan kegiatan belajar mengajar adalah bagaimana seorang guru mampu menyampaikan informasi dengan baik yang kemudian disebut sebagai gaya mengajar begitu juga bagi siswa, harus dapat menerima informasi yang disampaikan oleh gurunya secara baik pula yang kemudian disebut sebagai gaya belajar. Menurut Chatib (2009:100) Pada dasarnya gaya mengajar adalah strategi transfer informasi yang diberikan oleh guru kepada siswanya. Sedangkan gaya belajar adalah bagaimana sebuah informasi dapat diterima dengan baik oleh siswa.

Conner (2008:1) menyatakan bahwa gaya belajar siswa mengacu pada cara siswa memilih untuk menerima atau memproses informasi baru. Setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda. Beberapa siswa mungkin menemukan bahwa mereka memiliki pilihan gaya belajar atau cara menyelesaikan masalah dengan gaya belajar yang lain. Siswa lain mungkin menemukan bahwa mereka menggunakan gaya yang berbeda dalam situasi yang berbeda.

Sebagai guru, perlu untuk mengetahui gaya belajar siswa. Guru harus mampu membantu mereka untuk memaksimalkan dan menggunakan gaya belajar mereka, dan mengembangkan kemampuan yang kurang dominan.. hal ini bisa dilakukan dengan pemilihan gaya mengajar yang tepat, model pembelajaran yang tepat, juga dengan pemilihan bahan ajar yang tepat.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Howard Gardner, ternyata gaya belajar siswa tercermin dari kecenderungan kecerdasan yang dimiliki oleh siswa tersebut. Teori kecerdasan ini ternyata terus menerus berkembang, sejak tahun 1983 Gardner telah mengenalkan enam jenis kecerdasan. Hingga 2002 ini Gardner telah berhasil menemukan sembilan jenis kecerdasan diantaranya kecerdasan linguistic, matematis logis, spasial visual, musik, intrapersonal, interpersonal, kinestetis, naturalis, dan eksistensial.
Oleh karena itu, seharusnya setiap guru memiliki data tentang gaya belajar siswanya masing-masing. Kemudian, setiap guru harus menyesuaikan gaya mengajar dengan gaya belajar siswanya. Berbagai macam jenis kecerdasan inilah yang kemudian diberi nama Multiple Intelligences.

Masalah penting yang sering dihadapi guru dalam kegiatan pembelajaran adalah memilih atau menentukan materi pembelajaran atau bahan ajar yang tepat dalam rangka membantu siswa mencapai kompetensi. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa dalam kurikulum atau silabus, materi bahan ajar hanya dituliskan secara garis besar dalam bentuk “materi pokok”. Menjadi tugas guru untuk menjabarkan materi pokok tersebut sehingga menjadi bahan ajar yang lengkap. Selain itu, bagaimana cara memanfaatkan bahan ajar juga merupakan masalah. Pemanfaatan dimaksud adalah bagaimana cara mengajarkannya ditinjau dari pihak guru, dan cara mempelajarinya ditinjau dari pihak peserta didik tentunya berdasarkan kesesuaian kecenderungan kecerdasan yang dimiliki.
Berkenaan dengan pemilihan bahan ajar ini, secara umum masalah yang dimaksud meliputi cara penentuan jenis materi, kedalaman, ruang lingkup, urutan penyajian, perlakuan (treatment) terhadap materi pembelajaran, dsb. Masalah lain yang berkenaan dengan bahan ajar adalah memilih sumber di mana bahan ajar itu didapatkan.

Termasuk masalah yang sering dihadapi guru berkenaan dengan bahan ajar adalah minimnya pengembangan bahan ajar oleh guru. Guru adalah orang yang paling mengerti potensi dan perkembangan peserta didiknya termasuk perkiraan jenis kecerdasan yang dominan. Oleh karena itu perlu kiranya dikembangkan bahan ajar yang sesuai dengan kecenderungan kecerdasan siswa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: